WELCOME TO SNIPER DEPOK CLUB BLOG

Terimakasih anda telah berkunjung ke blog kami.
Blog SNIPER Club berisi 8 kolom informasi yang disebut "Pojok." Ada Pojok Pengumuman, Pojok Renungan, Pojok Mejeng, Pojok Ngocol, Pojok Anti Crime, Pojok Sehat, Pojok Ekubank dan Pojok Tunggangan.

Pojok-Pojok itu tidak hanya bisa dibaca, bro and sis serta pengunjung Blog juga dapat mengirimkan tulisannya ke kolom tersebut karena Blog ini terbuka untuk umum dalam mengungkapkan buah pemikiran.

Tak ada gading yang tak retak, kami tetap perlu komentar dan masukan positif dari para pengunjung yang terhormat, demi makin baiknya contents maupun tampilan blog Sniper Club.

Salam SNIPER



09 Januari 2009

SAYANG ANAK

Bro and sis yang udah punya yunior, pasti gak mo anak-anaknya ketinggalan (baca : bodoh ato kuper) di sekolahnya khan? Dengan ngatas-namain ketatnya persaingan, bro and sis berlomba-lomba memadatkan aktivitas sang yunior. Full-day school masih bro and sis anggap kurang, yunior masih harus ngikutin les ato kursus ato bimbel ini-itu, lima hari bahkan enam hari dalam seminggu. Busyet, gak ada waktu luang lagi buat anak bermain sesuai umurnya. "Demi anak," begitu pasti alasan bro and sis sehingga biaya mahal buat ngursusin anak juga gak jadi masalah lagi.
Tapi, sadar gak sich bahwa sebenernya anak kita bisa stress lho ama "keinginan" kita itu.

Coba bro and sis merenung sedikit, flash-back ke masa kita waktu masih sekolah dulu (maksudnya waktu SD or SMP).
Emangnya di sekolah itu kita cuman ngerasain enaknya doang, lari-larian, main petak umpet?
Nggak koq, kita masih inget khan bahwa banyak hal yang kita alamin waktu di sekolah. Mulai dari memahamin pelajaran (apalagi klo mata ajaran yang bikin otak keriting), hingga masalah lain seperti suka "dicengin" ama temen kita. Nach....semua itu bikin kita selaku anak ngalamin tekanan alias stress.

Segala yang kita alamin di kehidupan sehari-hari itu dikendaliin ama yang disebut saraf vegetatif. Saraf itu yang ngatur denyut nadi, aliran darah, tekanan darah and fungsi lainnya. Kita (apalagi waktu masih anak sekolahan) gak bisa ngatur itu secara langsung.
Waktu ada pencetus stress, yang nongol hiperaktivitas, agresivitas, rasa takut, gak bisa tidur, dimana dampaknya berupa terganggunya prestasi di sekolah.
Nach....saat ini sebagai orang tua yang "demi anak", apa bro and sis mau sang yunior jadi gak punya motivasi belajar bahkan jadi males alias suka bolos sekul, suka ngelamun, gak pedulian alias cuek bebek, suka ngebantah omongan ortu, cengeng banget ato penakut, usil ato berantem mulu ama temen sekolahnya ato malah lebih parah lagi suka tawuran? Semua kelakuan minus yang bisa ditambahin segudang lagi itu ujung-ujungnya cuman satu; yunior menganggap sekolah itu tidak menyenangkan and hanya melelahkan.

Bro and sis mungkin perlu direfresh lagi bahwa sebagai orang tua itu kita harus memahami bahwa bagi anak :

1). Beristirahat tanpa melakukan suatu pekerjaan, seperti bernapas, minum ato makan, punya arti penting bagi medis.
So, biarin aja yunior kita bersantai-santai di kamarnya sesudah pulang sekolah. Silakan aja yunior baca komik ato main game bareng adeknya ato naik sepeda ke lapangan fasos/fasum sekitar rumah, ato main gitar/alat musik lain.
Sekedar rebahan di rumput taman rumah yang menurut kita sebagai ortu gak penting juga jangan dilarang, kasian tuch anak kita klo ini-itu dilarang mulu.
Yang harus bro and sis jagain itu adalah perlu ditanamkan kebiasaan untuk punya jadwal keseharian mencakup waktu belajar, istirahat, dan bermain kepada anak kita.
Kudu diinget ya bro and sis, otak dapat mengolah informasi dan menyimpannya secara optimal justru saat lagi relaksasi. Itu pendapat para pakar neurobiologi lho!!

2). Komunikasi dengan ortu itu penting lho.
Dari suatu penelitan, diketahui bahwa waktu yang disediakan ortu (terutama ortu pekerja) buat ngobrol or main-main ama anaknya itu iriiiiit banget.
Padahal sebenernya, kita sebagai ortu khan gak langsung molor khan klo pulang gawe?
Tau gak bro and sis, sebagai ortu klo kita bisa ngeluangin waktu buat ngobrol ama anak itu manfaatnya gede banget lho.
Kita bisa tau perkembangan anak kita dalam pelajarannya; kesulitan ama mata ajaran tertentu (gak cuman sekedar ngeliat angka-angka di rapor).
Kita bisa tau pergaulan anak kita dengan temen-temennya, supaya kita bisa cegah sedini mungkin dari salah gaul. Amit-amit khan klo anak kita jadi gak bener ntar-ntarannya.
Kita bisa tau dan yakin anak kita gak pernah nonton suatu tayangan ato suatu bacaan yang di luar batasan umur anak-anak.
Kita bisa tau, sebenernya anak kita itu butuh apa sich selain "materi" yang (biasanya) selama ini kita jejelin ke mereka. Disitu kita jadi "ngeh" masih pantes nggaknya kursus-kursus yang kita paksain ke anak atas nama "prestasi" anak.

Percaya dech bro and sis, klo kita sebagai ortu dah coba nerapin salah satu (syukur klo bisa dua-duanya) langkah di atas anak akan makin sayang ama kita, betah di rumah, rajin belajar, lebih terbuka ama kita selaku ortu dibanding ke temen ato orang lain, makin respek ama kita selaku ortu yang sangat memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam segala aspek.
Khan kita juga yang bangga selaku ortu klo punya anak yang bener di masa kini maupun masa mendatang?

1 komentar:

Dominggus Manuputty mengatakan...

Perlu punya kemampuan SENI MEMBUJUK, anak jangan sekali-kali dibilang anak kecil atau belum cukup umur....jalin komunikasi sesuai dengan tingkat nalarnya...rumusnya sederhana saja...respek..samakan posisi tubuh...samakan rasa dan buka dengan pertanyaan yang dipastikan jawabannya YA...selanjutnya komunikasi seperti ...diantara kita bukan antara ortu dan anak....selanjutnya terserah kita....kapan-kapan kita praktekan waktu kopdar ya.....

Berbisnis Santun ala SNIPER Club

Review growurl.com

Bingung mau kirim iklan via online?
Bingung cari agen iklan online?
Bingung dengan biaya iklan?

Tidak usah kuatir, ada growurl.com.
Situs itu luar biasa banget ngebantu memecahkan kebingungan bro and sis.
Masuk aja ke http://growurl.com, terus register dengan data yang bener. Selesai dech.
Dengan sekali klik "submit" aja, sebuah iklan langsung terkirim ke lebih dari 120 layanan iklan. Sudah gitu gratis lagi, bro and sis nggak perlu ngeluarin duit seperakpun.
Hebat khan? Simpel, cepet and yang utama grateeeeeeeessss.
Terimakasih growurl.......