WELCOME TO SNIPER DEPOK CLUB BLOG

Terimakasih anda telah berkunjung ke blog kami.
Blog SNIPER Club berisi 8 kolom informasi yang disebut "Pojok." Ada Pojok Pengumuman, Pojok Renungan, Pojok Mejeng, Pojok Ngocol, Pojok Anti Crime, Pojok Sehat, Pojok Ekubank dan Pojok Tunggangan.

Pojok-Pojok itu tidak hanya bisa dibaca, bro and sis serta pengunjung Blog juga dapat mengirimkan tulisannya ke kolom tersebut karena Blog ini terbuka untuk umum dalam mengungkapkan buah pemikiran.

Tak ada gading yang tak retak, kami tetap perlu komentar dan masukan positif dari para pengunjung yang terhormat, demi makin baiknya contents maupun tampilan blog Sniper Club.

Salam SNIPER



09 Januari 2009

Pandangan Salah Kaprah.

Kadang-kadang kita gak bisa ngebedain ato salah kaprah klo bicara ilmu yang dipelajari mahasiswa psikologi.
Sering banget lho psikolog itu dianggap mampu membaca pikiran orang layaknya dukun atawa paranormal. Ada juga pandangan salah bahwa profesi psikolog sama dengan psikiater.
Bukannya sok tau lho bro and sis, tapi tulisan di bawah ini hanya sekedar sharing buat ngelurusin pandangan keliru di atas.

Brain alias otak itu salah satu organ tubuh di dalam kepala, kerjaan otak mengatur fungsi organ tubuh lainnya. Sedangkan Mind itu sesuatu yang abstrak, gambarin proses and hasil kerja otak. Bisa berupa ide, kesadaran, proses emosi juga perasaan.
Nach…..disiplin ilmu psikologi itu belajar fungsi and proses mind, ujung-ujungnya jadi terampil dalam macem-macem perilaku.
Alat buat ngukur mind dan perilaku pake tes psikologi, macem-macem modelnya misal menggambar, ngitung, nyelesein kalimat, jawab pertanyaan (tapi bukan jawab alias ngebantah nasihat ortu lho, itu sich kur-aj namanya-bukan tes psikologi).
Tes psikologi dibuat atas dasar teori, disesuaiin ama factor-faktor yang mo diukur.

Selain itu, disiplin ilmu psikologi itu juga ngajarin teknik observasi and interview. Apaan tuch, emangnya calon pegawai pake interview segala? Nach ini dia nich, kadang-kadang bro and sis suka jump-to-conclusion sich (weleh..weleh, bahasanya gak gaul nich). Teknik interview itu teknik penggalian informasi dari individu (baca : orang) buat memahami pola pikirnya, dengan cara memberikan pertanyaan yang sesuai. Sedangkan teknik observasi itu teknik buat ngamatin and ngartiin ekspresi, bahasa tubuh, and tingkah laku individu.
So, kemampuan ngamatin alias ngobservasi dan nginterpretasiin kata-kata individu itulah yang bikin jadi terlatih. Menerka apa and gimananya seseorang itu, yang orang awam kurang terampil melakukannya.
Nggak hanya itu koq, ilmu psikologi juga mempelajari macem-macem perilaku social sesorang yang nggak bisa lepas dari lingkungan sekitar.
Karena kemampuan dan keterampilan itulah yang kadang-kadang bikin orang awam menganggap psikolog mirip dukun yang mampu baca and ngeramal orang.

Sekarang, apakah psikolog sama dengan psikiater?
Emang sich ada beberapa kesamaan, tapi kedua profesi itu jelas beda banget bo’.
Klo psikiater itu profesi yang harus diduluin ama sekolah kedokteran, lanjut ke spesialiasi ilmu kejiwaan, sedangkan psikolog lulusan ilmu psikologi yang ngelanjutin ngambil profesi psikologi.
Psikiater pake obat-obatan buat nyembuhin kondisi pasien, sedangkan psikolog pake teknik penanganan jiwa buat bantu nyembuhin batin ato jiwa dari sang pasien.

Contoh gampangnya gini, misal bro or sis autis (namanya juga misal).
Psikiater bakal nanganin proses di dalam otak, gangguan yang ngakibatin autisme lalu member obat.
Psikolog ngebantuin bro or sis bergaul sewajar mungkin di lingkungannya dengan pake metode konseling and terapi.

Dah paham khan sekarang beda psikolog ama psikiater? Klo masih bingung and kusut juga berarti bro and sis kudu buat planning konsultasi ke psikolog ato ke psikiater.

Tidak ada komentar:

Berbisnis Santun ala SNIPER Club

Review growurl.com

Bingung mau kirim iklan via online?
Bingung cari agen iklan online?
Bingung dengan biaya iklan?

Tidak usah kuatir, ada growurl.com.
Situs itu luar biasa banget ngebantu memecahkan kebingungan bro and sis.
Masuk aja ke http://growurl.com, terus register dengan data yang bener. Selesai dech.
Dengan sekali klik "submit" aja, sebuah iklan langsung terkirim ke lebih dari 120 layanan iklan. Sudah gitu gratis lagi, bro and sis nggak perlu ngeluarin duit seperakpun.
Hebat khan? Simpel, cepet and yang utama grateeeeeeeessss.
Terimakasih growurl.......