WELCOME TO SNIPER DEPOK CLUB BLOG

Terimakasih anda telah berkunjung ke blog kami.
Blog SNIPER Club berisi 8 kolom informasi yang disebut "Pojok." Ada Pojok Pengumuman, Pojok Renungan, Pojok Mejeng, Pojok Ngocol, Pojok Anti Crime, Pojok Sehat, Pojok Ekubank dan Pojok Tunggangan.

Pojok-Pojok itu tidak hanya bisa dibaca, bro and sis serta pengunjung Blog juga dapat mengirimkan tulisannya ke kolom tersebut karena Blog ini terbuka untuk umum dalam mengungkapkan buah pemikiran.

Tak ada gading yang tak retak, kami tetap perlu komentar dan masukan positif dari para pengunjung yang terhormat, demi makin baiknya contents maupun tampilan blog Sniper Club.

Salam SNIPER



19 November 2008

Sakit Kepala

Pernah ngerasain kepala nyut-nyutan, nyeri, kaya' tertekan benda berat plus kekakuan otot-otot area leher sampe kepala? Gejala itu namanya serangan sakit kepala.
Tapi, bro and sis tau nggak bahwa biar gejalanya sama but sebenernya sakit kepala dibagi jadi 2 kelompok besar.
Bukannya sok ngajarin nich, tapinya sekedar sharing karena nggak enak banget dech rasanya kalo lagi sakit kepala-saking ekstremnya ada koq yang sampe ngejedot-jedotin kepalanya ke tembok or pintu.

Kelompok 1; sakit kepala primer, yaitu sakit kepala tanpa penyebab yang jelas udah gitu nggak nyambung ama penyakit lain.
Sakit kepala primer ini dibagi lagi jadi 3 tipe, yaitu Tipe Tension, Tipe Migrain and Tipe Cluster.

Sakit kepala primer tipe tension diakibatkan gangguan otot-otot ama jaringan ikat di sekitar kepala and leher. Nach....gangguan pada otot-otot itu nimbulin nyeri dengan istilah ilmiahnya contraction pain. Sakit kepala tipe tension ini dikaitin ama faktor STRESS.
Jadi kalo bro and sis pernah ngerasain kepala seperti ditekan and diikat (tidak berdenyut), ato lokasi sakitnya dari belakang kepala ampe dahi, ato kepala rasanya nggak enak banget waktu flu atawa sakit gigi, ato otot rasanya tegang banget abis duduk lama di depan komputer, ato tidur dengan posisi salah; diduga kuat bro and sis dihantam sakit kepala primer tipe tension.

Sedangkan sakit kepala primer tipe migrain munculnya rasa sakit berasal dari syaraf otak and berkaitan ama perubahan pada otak. Omongan ilmiahnya gini lho, terjadinya migrain berhubungan dengan penyempitan pembuluh darah sehingga terjadi pengurangan suplai oksigen ke otak. Penyempitan itu terjadi karena adanya faktor pemicu seperti perubahan hormon, perubahan temperatur yang mendadak, faktor psikis, makanan atau obat yang merangsang.
Kalo bro and sis ngerasain nyeri derajat sedang ato berat pada satu sisi kepala, diperparah aktifitas fisik, sensitif ama cahaya, mual tanpa ato dengan muntah; berarti rasa nggak enak itu gejala sakit kepala primer tipe migrain.

Nach....kalo sakit kepala primer tipe cluster itu jenis yang nggak umum, tapi paling parah. Mekanisme terjadinya masih diperdebatkan.
Biarin aja dech orang-orang pinter itu pada debat, yang penting kalo bro and sis pernah ngerasain nyeri yang jauh lebih hebat dari tipe tension, gelisah ato meronta-ronta and kadang ngebenturin kepala ke benda keras; itulah gejala sakit kepala primer tipe cluster. Ada juga sich gejala lain yang timbul, contohnya hidung tersumbat sebelah, keluar air mata (bukan karena cengeng), mata kemerahan (bukan karena abis bangun tidur), kelopak mata bengkak (bukan karena abis nangis diputusin pacar), denyut jantung meningkat (bukan karena abis nge-gym ato diomelin calon mertua).

Kelompok 2; sakit kepala sekunder, yaitu sakit kepala yang disebabkan penyakit lain, misalnya sakit kepala akibat sinus, tumor atau infeksi otak.
Menurut dr Yuda Taruna-spesialis saraf R.S. PIK, beberapa ciri sakit kepala yang perlu diwaspadai yaitu jika :
*) Sakit kepala berlangsung lama dan intensitasnya dari waktu ke waktu semakin berat.
*) Sakit kepala akut (terjadi mendadak) dengan nyeri yang hebat.
*) Disertai gejala klinis neurologis, misalnya lemah sebelah badan, kesemutan, penglihatan berbayang / kabur, menurunnya kemampuan berjalan / bergerak.
*) Disertai gangguan perilaku / kebiasaan, misalnya menjadi tidak sopan, pelupa, dan sering berhalusinasi.
Masih menurus pak dokter Yuda, stress merupakan salah satu penyebab sakit kepala jenis primer maupun sekunder.

Aduh....berenti ach ngetik and ngomongin sakit kepala, jadi sakit kepala beneran nich. Buat bro and sis yang suka sakit kepala waktu tengah bulan, itu sich nggak masuk kategori sakit kepala primer ato sekunder, tapi karena bokek alias tongpes alias kantong kering aja.........

Tidak ada komentar:

Berbisnis Santun ala SNIPER Club

Review growurl.com

Bingung mau kirim iklan via online?
Bingung cari agen iklan online?
Bingung dengan biaya iklan?

Tidak usah kuatir, ada growurl.com.
Situs itu luar biasa banget ngebantu memecahkan kebingungan bro and sis.
Masuk aja ke http://growurl.com, terus register dengan data yang bener. Selesai dech.
Dengan sekali klik "submit" aja, sebuah iklan langsung terkirim ke lebih dari 120 layanan iklan. Sudah gitu gratis lagi, bro and sis nggak perlu ngeluarin duit seperakpun.
Hebat khan? Simpel, cepet and yang utama grateeeeeeeessss.
Terimakasih growurl.......